Site icon TribrataNews Polda Kaltim

Tim Ditkamsel Korlantas Polri Lakukan Kunjungan di Terminal Angkutan Umum Tenggarong

WhatsApp Image 2024 06 02 at 08.06.58 e4e80a2b

Tribratanews.kaltim.polri.go.id, Kukar – Tim Ditkamsel Korlantas Polri melakukan kunjungan ke Terminal Angkutan Umum yang berada di Jalan Belida, Kecamatan Tenggarong.

Kasat Lantas AKP Rachman Ashari mengatakan Kunjungan ini dalam rangka pelaksanaan kajian moda transportasi angkutan umum di wilayah Kalimantan Timur.

Kegiatan tersebut berlangsung pada hari Jumat (31/5/2024), dari pukul 08.00 hingga 10.00 WITA.

Hadir dalam kegiatan ini berbagai pejabat dari Korlantas Polri, Polres Kukar, pakar transportasi, serta perwakilan dari instansi dan dinas terkait.

Selain itu, kunjungan ini juga dihadiri oleh pakar transportasi, diantaranya Resdiansyah, Ahmad Septiawan, Adil Afrizal Gani dan Gari Mauramdha. Dari instansi dan dinas terkait hadir pula Jaka Purwa Indarta dan Rijenti Sinaga dari Dinas Perhubungan Kaltim, serta Kendarjo dari Dinas Perhubungan Kabupaten Kutai Kartanegara.

Dalam kegiatan ini, Tim Ditkamsel Korlantas Polri melakukan pengecekan terhadap fasilitas dan kondisi Terminal Angkutan Umum Belida Tenggarong.

Terminal ini merupakan terminal tipe B yang berada di bawah naungan Dinas Perhubungan Provinsi Kaltim. Tim juga mencatat data armada bus dan angkutan kota dalam propinsi (AKDP), yang meliputi berbagai trayek dari Samarinda ke berbagai daerah.

Fasilitas utama yang ada di terminal ini antara lain jalur keberangkatan dan kedatangan kendaraan, ruang tunggu penumpang, tempat parkir kendaraan, perlengkapan jalan, fasilitas teknologi dan media informasi, serta fasilitas pengawasan keamanan dan keselamatan. Selain itu, terdapat pula fasilitas penunjang seperti mushola, bengkel, pemadam kebakaran, serta area perdagangan.

Ini dilaksanakan dengan tujuan Perencanaan moda transportasi darat sebagai mitra IKN (Ibu Kota Nusantara). Perencanaan penunjang transportasi yang berkeselamatan dan tertib berlalu lintas. Penekanan pentingnya keselamatan lalu lintas dan Kamseltibcar Lantas.

Kegiatan kunjungan ini diakhiri dengan evaluasi dan diskusi mengenai langkah-langkah ke depan untuk meningkatkan keselamatan dan efisiensi transportasi angkutan umum di wilayah Kutai Kartanegara dan sekitarnya. Kegiatan berlangsung aman dan kondusif.

Humas Polda Kaltim

 

Exit mobile version