Site icon TribrataNews Polda Kaltim

Menjelang Pilkada Serentak Tahun 2024, Kapolsek Tanah Grogot Hadiri Pelantikan Dan Pembekalan Panwaslu Kecamatan Se-Kab.Paser

WhatsApp Image 2024 05 26 at 11.20.02

Tribratanews.kaltim.polri.go.id, Paser – Dalam rangka persiapan pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2024, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Paser menggelar kegiatan pelantikan dan pembekalan bagi Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan se-Kabupaten Paser. Acara ini berlangsung pada Sabtu, 25 Mei 2024, bertempat di Mini Ball Room Long Ikis, Hotel Kyriad Sadurengas, Desa Tepian Batang, Tanah Grogot. Sabtu (25/5)

Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai pejabat dan unsur terkait yang mewakili beberapa instansi terkait. Di antaranya adalah Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Paser, Nonding, S.Sos., MM, yang mewakili Bupati Paser. Turut hadir pula Lettu Inf. Agung yang mewakili Komandan Distrik Militer (Dandim) 0904/Psr, IPTU Agus Sanyoto, Kapolsek Tanah Grogot yang mewakili Kapolres Paser, serta Kasubsi Pratut Ahmad Firdaus yang mewakili Kepala Kejaksaan Negeri Paser.

Selain itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Paser, Nur Khamid, SH., Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia (SDM), Organisasi, Data, dan Informasi Bawaslu Kabupaten Paser, juga hadir untuk melantik para Panwaslu Kecamatan. Hadir pula Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Paser, Akhyar Rosidi, S.Pd.I, serta Anggota Bawaslu Provinsi Kalimantan Timur, Galeh Akbar Tanjung, S.Sos., M.Ap., yang menjabat sebagai Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Humas Bawaslu Kaltim.

Sebanyak 30 orang Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Paser resmi dilantik pada acara tersebut. Rangkaian kegiatan dimulai dengan pembacaan Surat Keputusan oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Paser, Yuliani Rachman, S.E. Selanjutnya, pengambilan sumpah dan janji serta pelantikan dilakukan oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Paser, Nur Khamid, SH. Para Panwaslu kemudian menandatangani Berita Acara Sumpah, diikuti dengan pembacaan Pakta Integritas.

Kapolres paser AKBP Yusep Dwi Prastiya SH, SUK, MH melalui Kapolsek Tanah Grogot Iptu Agus Sanyoto menyerahkan bahwa, Dalam sambutannya, Ketua Bawaslu Kabupaten Paser, Nur Khamid, menekankan pentingnya integritas dan netralitas dalam menjalankan tugas pengawasan pemilu. “Panwaslu Kecamatan memiliki peran krusial dalam memastikan pelaksanaan Pilkada yang jujur dan adil. Oleh karena itu, kami menuntut komitmen yang tinggi dari setiap anggota yang baru dilantik,” ujarnya.

Sambutan juga disampaikan oleh Anggota Bawaslu Provinsi Kalimantan Timur, Galeh Akbar Tanjung, S.Sos., M.Ap., yang memberikan motivasi kepada para Panwaslu Kecamatan. “Partisipasi aktif masyarakat dan integritas dalam pengawasan adalah kunci suksesnya Pilkada. Kami berharap, dengan pembekalan ini, Panwaslu Kecamatan mampu menjalankan tugas dengan profesional dan berintegritas,” tegas Galeh.

Kegiatan ini ditutup dengan sesi foto bersama para pejabat dan seluruh Panwaslu Kecamatan yang baru dilantik. Tidak lupa, kegiatan ini mendapat pengamanan yang dipimpin oleh Kanit PAMOBVIT Sat Samapta Polres Paser, Ipda Ida Bagus Ngurah Wijaya, beserta beberapa personel dari Polres Paser dan Polsek Tanah Grogot untuk memastikan kelancaran acara.

Dengan terlaksananya kegiatan pelantikan dan pembekalan ini, diharapkan Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Paser dapat menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik, demi terciptanya Pilkada Serentak Tahun 2024 yang bersih, transparan, dan demokratis.

Humas Polda Kaltim

Exit mobile version