TribrataNews Polda Kaltim

Polda Kaltim Siapkan Pengamanan Jelang Pilkada: Ungkap Strategi di Talkshow Radio ONIX FM

Tribratanews.kaltim.polri.go.id, Balikpapan – Dalam upaya memastikan Pilkada Serentak 2024 di Kalimantan Timur berjalan aman dan kondusif, Polda Kaltim melalui Direktorat Intelkam memaparkan langkah-langkah pengamanan yang telah disiapkan. Informasi ini disampaikan dalam kegiatan Talkshow di Radio ONIX FM Balikpapan, pada Kamis (26/9/2024), yang dihadiri oleh Kompol Roni Wijaya, S.I.K., selaku Kasubdit 1 (Politik) Ditintelkam Polda Kaltim.

Acara yang menghadirkan presenter Nimhut dari Radio ONIX FM Balikpapan, Dalam kesempatan tersebut, Kompol Roni Wijaya menyampaikan bahwa Ditintelkam Polda Kaltim telah menyiapkan berbagai langkah antisipatif dan pengamanan menjelang Pilkada serentak di Kalimantan Timur.

Menurut Kompol Roni, Polda Kaltim telah melakukan persiapan untuk memastikan keamanan saat tahapan kampanye berlangsung. Ia menegaskan bahwa Polda Kaltim siap membantu satuan kewilayahan Polres dan jajaran dalam melakukan pencegahan serta deteksi dini terhadap potensi kerawanan yang mungkin timbul selama proses Pilkada. Salah satu bentuk kesiapan itu adalah pelaksanaan Deklarasi Damai Pemilu 2024 di Balikpapan yang dihadiri Ketua KPU RI serta seluruh pasangan calon Pilgub, Pilbup, dan Pilwalkot.

Kompol Roni juga menyoroti tugas utama Ditintelkam dalam menganalisis tingkat kerawanan daerah di Kaltim sebelum dan sesudah pelaksanaan Pilkada. Ia menjelaskan bahwa tantangan utama adalah menangani potensi isu SARA dan antar golongan yang dapat memecah belah persatuan.

“Kami telah merangkul seluruh stakeholder, termasuk tokoh masyarakat, agama, pemuda, pelajar, mahasiswa, dan komunitas lainnya untuk menjaga situasi Kamtibmas di Kaltim. Peran serta masyarakat sangatlah penting karena kolaborasi dengan kepolisian akan menciptakan Pilkada yang aman dan damai,” ungkapnya.

WhatsApp Image 2024 09 26 at 12.14.231Selain itu, Polda Kaltim juga aktif berkomunikasi dengan penyelenggara pemilu seperti Panwaslu, Bawaslu, KPU, hingga KPPS untuk memastikan bahwa segala potensi permasalahan dapat diantisipasi sejak dini. Ditambahkan bahwa Subdit 5 Cyber Ditreskrimum Polda Kaltim siap menangani berita hoaks yang berpotensi mengganggu stabilitas keamanan di media sosial.

Kompol Roni menutup talkshow dengan mengajak masyarakat Kalimantan Timur untuk menjaga perdamaian selama Pilkada. “Mari kita jaga persaudaraan antar sesama demi Pilkada Kaltim yang aman, tertib, dan damai. Siapapun yang terpilih nanti adalah pilihan rakyat yang harus kita dukung bersama,” pesannya.

Kegiatan talkshow ini menjadi salah satu bentuk transparansi Polda Kaltim dalam menyampaikan kesiapan dan komitmennya menjaga keamanan dan ketertiban selama proses Pilkada berlangsung di wilayah Kalimantan Timur.

Exit mobile version