Site icon TribrataNews Polda Kaltim

Polres Paser Lakukan Pemantauan untuk Cegah Pengoplosan BBM di SPBU Tanah Grogot

WhatsApp Image 2024 03 31 at 10.23.47

Tribratanews.kaltim.polri.go.id, Paser – Dalam upaya memastikan tidak terjadinya pengoplosan bahan bakar minyak (BBM), Polres Paser melakukan pemantauan di sejumlah SPBU di Tanah Grogot pada Sabtu (30/03/2024). Kegiatan ini dipimpin oleh Kasi Humas Polres Paser, AKP H. Kamin, didampingi KBO Binmas Iptu Darwito, Kanit Turjawali Polres Paser Ipda H. Latif Umar, dan empat personil lainnya dari Banit Polres Paser.

Pengecekan pertama dilakukan di SPBU KM 7 Jl. Kesuma Bangsa Tanah Grogot, di mana tidak ditemukan adanya pengoplosan BBM. Petugas di SPBU ini melaporkan bahwa BBM jenis Pertalite dikirim setiap hari sebanyak 8 ton, dan BBM jenis Dexlite setiap 4 hari sekali sebanyak 8 ton.

Pengecekan dilanjutkan ke SPBU KM 4 Tanah Grogot, di mana petugas pengawas, Akbar, menjelaskan bahwa BBM jenis Pertalite tiba setiap hari sebanyak 16 ton, dan BBM jenis Pertamax dikirim setiap bulan sekali sebanyak 16 ton. Akbar juga menyebutkan bahwa prosedur operasional standar (SOP) termasuk pengecekan surat pengiriman, segel, dan tera isi BBM, serta pengambilan sampel BBM untuk memastikan kemurnian BBM.

Terakhir, pemantauan dilakukan di SPBU KM 1 Tanah Grogot Jl. Jenderal Sudirman. Tidak ditemukan indikasi pengoplosan BBM, dan petugas SPBU KM 1, Dalle, turut mendampingi selama pengecekan.

Kapolres Paser, AKBP Yusep Dwi Prastiya, SH, SIK, MH, melalui Kasi Humas AKP H. Kamin, menegaskan pentingnya menjaga kualitas dan keamanan BBM yang dipasok kepada masyarakat. “Kami mengingatkan seluruh petugas SPBU di Tanah Grogot untuk tidak melakukan pengoplosan BBM. Kasus serupa di Pulau Jawa, di mana BBM dicampur dengan air, sangat merugikan masyarakat pengguna BBM,” tegasnya.

Humas Polda Kaltim

Exit mobile version