Site icon TribrataNews Polda Kaltim

Kapolres Paser Hadiri Pengukuhan Paskibraka Kabupaten Paser Tahun 2022

WhatsApp Image 2022 08 16 at 08.55.46

Tribratanewspoldakaltim.com, Paser – Dalam Rangka Peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 Tahun 2022, Kapolres Paser AKBP Kade Budiyarta, S.I.K., menghadiri kegiatan pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka ( Paskibraka ) Kabupaten Paser.

Upacara pengukuhan Paskibraka dilaksanakan di Gedung Awa Mangkuruku Jl. Jendral Sudirman Kecamatan Tanah Grogot pada, Senin (15/08) malam.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Sekda Kab. Paser Drs. Katsul Wijaya, M.Si, Ketua Komisi III DPRD Kab. Paser Sdr. Edwin Santoso, Dandim 0904 TNG Letnan Kolonel INF Ronal Wahyudi, S.E, M.Tr (Han), Kepala Dinas Pendidikan Kab. Paser Sdr. Muhammad Yunus Syam, S.Pd., M.Pd, Kadispora Kab. Paser Sdr. Sdr. Muksin, SS, M.A, Para Pembina/Pelatih Paskibraka Kab. Paser, Anggota Paskibraka, Orang tua/wali dari Paskibraka.

Mewakili Bupati Paser, Drs. Katsul Wijaya, M.Si dalam sambutannya secara khusus mengajak sebagai anak bangsa harus dimiliki rasa tanggung jawab serta rasa tanggung jawab dalam menjaga kemerdekaan ini.

“Sebagai generasi penerus dan khususnya bagi adik-adik Paskibra bukan hanya belajar dan memperdalam sejarah kebangsaan, tetapi memaknainya dan meneladani semangat perjuangan dari para pahlawan dan pendiri bangsa ini,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Ia menjelaskan bahwa sebelum dikukuhkan sebagai pasukan pengibar bendera, adik-adik mengikrarkan “Dharma Mulia Putera Indonesia” sebagai Kode Kehormatan Paskibra.

“Kami berharap Kode Kehormatan ini, harus benar-benar dihayati, dipedomani dan dipelihara nilai-nilai yang terkandung di dalamnya, sehingga akan menjadi pengikat batin dan jiwa kalian sebagai putra-putri Indonesia, berbekal “Dharma Mulia Putra Indonesia” ini, jadilah kalian manusia yang senantiasa memelihara diri dari segala sesuatu yang dilarang oleh Tuhan sang pencipta, mampu menabur benih manfaat serta kebajikan kepada sesama manusia,” lanjut Katsul.

Disisi lain, Kapolres Paser AKBP Kade Budiyarta mengatakan, pada momen ini dalam rangka Kemerdekaan yang ke – 77 diharapkan kepada peserta, pendidik dan pengasuh untuk memiliki rasa nasionalisme yang tinggi di dalam hati sanubari.

“Perjuangan generasi muda termasuk di dalamnya adik-adik Paskibra bukan lagi berjuang mempertaruhkan fisik atau nyawa, tetapi berjuang melawan hasrat dan keinginan diri sendiri terhadap pengaruh budaya luar yang negatif. Kebersamaan, solidaritas dan persaudaran yang telah adik-adik lakukan menurut kami juga merupakan wujud lain dari cara menumbuhkan nasionalisme.” terangnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyematan tanda lencana dan kendi calon Paskibraka serta pemberian ucapan selamat kepada calon paskibraka Kabupaten Paser Tahun 2022. Selama kegiatan berlangsung dalam keadaan aman dan kondusif.

Humas Polda Kaltim

Exit mobile version