Site icon TribrataNews Polda Kaltim

Kasat Reskoba Polres PPU Berikan Sosialisasi Tentang Bahaya Narkoba Kepada Pelajar SMA

DSC 113

Penajam Paser Utara – Satuan Reskoba Kepolisian Resor Penajam Paser Utara terus berkomitmen untuk mendorong dan juga meningkatkan pengetahuan para pelajar tentang bahaya narkoba dengan menggencarkan kegiatan sosialiasi, seperti halnya yang dilakukan pagi ini Selasa (07/02/2017) bertempat di SMAN 5 PPU.

Sosialisasi bahaya narkoba tersebut disampaikan langsung oleh Kasat Reskoba Polres PPU Iptu Tri Riswanto, SH dan diikuti ratusan Siswa-Siswi SMAN 5 PPU.

Dalam kesempatan tersebut Iptu Tri Riswanto menyampaikan kepada ratusan pelajar SMAN 5 PPU bahwasanya pengguna narkoba dari tahun ke tahun semakin meningkat. Hal ini tentunya sangat membahayakan khususnya bagi kalangan pelajar. Karena narkoba hanya akan merusak masa depan generasi penerus bangsa, karena narkoba selain mempengaruhi secara fisik dan mental juga sangat membahayakan dari segi kesehatan.

“Mari kita bersama-sama kita menjauhi narkoba, lakukan hal-hal positif yang dapat menjauhkan kita dari penyalahgunaan narkoba guna meraih cita-cita yang kita dambakan”, ujar Kasat Reskoba Polres PPU Iptu Tri Riswanto, SH.

Pada kesempatan itu pula, Iptu Tri Riswanto menyampaikan terkait jenis-jenis narkoba, dampak bagi pengguna narkoba hingga menyampaikan terkait UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, khususnya pasal-pasal yang terkait dengan ketentuan pidana yang bisa dikenakan bagi orang-orang yang terlibat dengan narkoba, khususnya bagi para pengguna dan pengedar.

Diakhir penyampaianna, Iptu Tri Riswanto menekankan kepada seluruh pelajar agar tidak pernah sekalipun untuk berusaha mencoba-coba narkoba. Karena dari coba-coba inilah kebanyakan para pelajar menjadi terjerumus dan akhirnya menjadi pengguna ataupun pencandu narkoba.

Ditemui usai memberikan materi seputar bahaya narkoba, Iptu Tri Riswanto mengatakan sosialisasi bahaya Narkoba ini gencar dilaksanakan pasalnya para pelajar itu sangat rentan dalam menyalahgunakan obat-obat terlarang ini. Diusia tersebut, kebanyakan para pelajar yang tertangkap menyalahgunakan narkoba itu karena faktor coba-coba mengkonsumsi narkoba. Padahal obat-obatan ini sudah jelas merugikan dan membahayakan bagi kesehatan generasi muda.

Sementara itu, Kapolres PPU AKBP Teddy Ristiawan, SH, SIK, MH mengatakan dalam memerangi Narkoba pihaknya terus berupaya untuk melakukan berbagai macam upaya dari upaya represif dengan melakukan penangkapan terhadap pengguna maupun pengedar narkoba maupun upaya preventif dengan menggencarkan sosialisasi kesekolah-sekolah dengan harapan upaya-upaya ini dapat memberantas habis pengguna narkoba khususnya diwilayah Kabupaten PPU.

“Semoga kegiatan ini dapat memberikan sebuah wawasan kepada para pelajar dan diharapkan mereka bisa mensosialisasikan kepada teman sekolah maupun lingkungan sekitarnya tentang bahaya penyalahgunaan obat-obatan terlarang ini”, tutupnya.

ditempat terpisah Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol Ade Yaya Suryana menuturkan ” kegiatan ini untuk mendekatkan diri pada masyarakat , sehingga masyarakat merasa aman karena sudah ada polisi di sekelilingnya” tutup Kombes Pol. Ade Yaya Suryana.

Humas Polda kaltim*

Exit mobile version